Website Resmi SMA Negeri 1 Tambusai

Jurnal Best Practice Mahasiswa PPG_Febrilla, M.Pd_Univ. PGRI Madiun

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pengaruh Kalor Terhadap Perubahan Wujud Zat di Kelas XI.C1 SMA Negeri 1 Tambusai

SMA Negeri 1 Tambusai

Febrilla*

PPG Dalam Jabatan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,  Universitas PGRI Madiun, Indonesia

Email : febrifebrilla@gmail.com

Pendahuluan

Pendidikan merupakan fondasi utama dalam membentuk generasi yang berkualitas dan mampu menghadapi tantangan global. Oleh karena itu, metode pembelajaran yang efektif dan inovatif menjadi kunci penting untuk memastikan peserta didik tidak hanya memahami konsep-konsep akademis, tetapi juga mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan nyata. Berdasarkan pengalaman penulis sebagai guru Fisika kelas XI. C1 di SMA Negeri 1 Tambusai salah satu yang menjadi latar belakang masalah peserta didik adalah kurangnya motivasi belajar terhadap mata pelajaran fisika, karena peserta didik masih menganggap pelajaran fisika adalah pelajaran yang sulit. Peserta didik belum mampu mengaitkan pembelajaran di kelas dengan permasalahan sehari-hari. Kondisi tersebut juga bisa disebabkan oleh guru yang cenderung menerapkan cara mengajar yang monoton dengan menggunakan metode ceramah yang kurang menarik bagi peserta didik. Dari hasil pengamatan pada saat proses belajar mengajar sebanyak 70% peserta didik pasif dalam aktifitas pembelajaran. Sedangkan berdasarkan hasil evaluasi pembelajaran diketahui bahwa dari 33 peserta didik, hanya 10 peserta didik yang mendapatkan nilai di atas KKTP, sedangkan 23 peserta didik lainnya tidak.

Tantangan yang dihadapi untuk mencapai tujuan meningkatkan motivasi belajar peserta didik terhadap mata pelajaran fisika  diantaranya adalah : 1) Pemilihan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan materi ; 2) Penggunaan media pembelajaran yang mampu menarik minat dan motivasi peserta didik seperti menggunakan media video animasi dan power point; 3) Guru harus bisa meningkatkan minat dan motivasi peserta didik melalui proses pembelajaran yang menyenangkan.

Pembahasan

Untuk mengatasi tantangan yang dihadapi penulis merancang pembelajaran yang berpusat pada peserta didik untuk meningkatkan motivasi belajar yang rendah melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) serta Pemanfaatan media video animasi dan power point dapat menarik minat dan motivasi peserta didik untuk memahami materi pengaruh kalor terhadap perubahan wujud zat yang cukup abstrak. Sebelum melakukan aksi penulis meningkatkan keaktifan peserta didik dengan merancang pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan mengembangkan RPP dan LKPD yang didalamnya terdapat kegiatan diskusi kelompok, menyelesaikan soal LKPD dan mempresentasikan hasilnya.

Dampak dari aksi yang telah dilakukan sangat efektif, terlihat dari : 1) Model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan pendekatan saintifik pada materi pengaruh kalor terhadap perubahan wujud zat kelas XI.C1 SMA Negeri 1 Tambusai efektif meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fisika, terlihat dari data angket motivasi yang sudah diisi oleh peserta didik pada saat sebelum dan sesudah pembelajaran mengalami peningkatan dari tidak setuju menjadi setuju sekali; 2) LKPD sesuai dengan sintaks PBL menjadikan proses pembelajaran berpusat pada peserta didik, dapat meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik, terlihat dari data hasil pengamatan unjuk kerja dan hasil penilaian LKPD dari 45,70% menjadi 75,76%; 3) Proses pembelajaran yang dilakukan dapat meningkatkan ketuntasan belajar peserta didik, terlihat dari data hasil penilaian pengetahuan. Presentase ketuntasan belajar (nilai di atas KKTP) adalah 81,82 %; 4) Peserta didik terlibat aktif dalam pembelajaran, terlihat dari kemampuan peserta didik untuk berkolaborasi, berdiskusi, dan merumuskan solusi bersama dalam kelompok-kelompok kecil; 5) Respon positif peserta didik terhadap pembelajaran, menunjukan keberhasilan penerapan problem based learning.

Kesimpulan

Berdasarkan proses dan aktivitas pembelajaran yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi pengaruh kalor terhadap perubahan wujud zat di kelas XI.C1 SMA Negeri 1 Tambusai. Keberhasilan model pembelajaran problem based learning tidak hanya terbatas pada pencapaian tujuan pembelajaran spesifik, tetapi juga menciptakan pengalaman belajar yang bermakna, mendalam, dan terlibat bagi peserta didik. Lingkungan pembelajaran yang demikian tidak hanya membantu peserta didik menguasai konsep fisika, tetapi juga membentuk keterampilan dan sikap yang mereka butuhkan untuk menjadi pembelajar seumur hidup yang sukses.

Daftar Pustaka

Lukman, M. Rasyid Ridha, & Ismail, I. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Laearning. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 735-740.
Yogi Anggraena,dkk (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Ati, T. P., & Setiawan, Y. (2020). Efektivitas Problem Based Learning-Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 294-303.

Website Universitas PGRI Madiun (url : https://unipma.ac.id)

Website Pendidikan Profesi Guru Universitas PGRI Madiun (url : https://ppg.unipma.ac.id)

Website Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Madiun (url : https://fkip.unipma.ac.id)

Website Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas PGRI Madiun (url : https://pmb.unipma.ac.id)

Sistem Informasi Manajemen Universitas PGRI Madiun (url : https://sim.unipma.ac.id)

Laman Akreditasi Universitas PGRI Madiun (url : https://akreditasi.unipma.ac.id)

Tinggalkan komentar